09 Maret 2009

Rincian biaya masuk non reguler Universitas Indonesia 2008


UNIVERSITAS INDONESIA

Jadwal Kegiatan
Kegiatan Waktu
Pengisian formulir pendaftaran dan pembayaran 5 Mei - 8 Juli 2008
Batas akhir penerimaan berkas persyaratan pendaftaran di panitia 8 Juli 2008
Masa pengambilan kartu tanda peserta ujian 7 - 11 Juli 2008
Ujian seleksi 12 - 13 Juli 2008
Pengumuman hasil ujian seleksi 26 Juli 2008

Daftar Program Studi yang Ditawarkan - S1 Ekstensi
No. Fakultas Program Studi Kekhususan Jenis Kelas
1. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Politik Perbandingan Politik -
2. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Politik Politik Indonesia -
3. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Kriminologi - -
4. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Komunikasi Komunikasi Masa -
5. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Komunikasi Periklanan -
6. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Komunikasi hubungan masyarakat -
7. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Administrasi Fiskal - -
8. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Administrasi Negara - -
9. Ilmu Sosial & Ilmu Politik Ilmu Administrasi Niaga -

Informasi Program Ekstensi Fakultas Teknik
Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu universitas terbesar di Indonesia yang memiliki 12 fakultas dan satu program pascasarjana. Fakultas Teknik Universitas Indonesia terdiri dari 7 Departemen dan 10 Program Studi (PS) serta memiliki 4000 mahasiswa. Didukung oleh 126 Doktor dan 23 Professor sebagai tenaga pengajar berkualifikasi internasional, FTUI juga menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung segala kegiatan mahasiswanya, baik dalam bidang akademik, maupun nonakademik.
Program Pendidikan Sarjana Ekstensi (PPSE) FTUI pertama kali dibuka pada bulan Februari 1993 dengan empat Program Studi yaitu: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Metalurgi dan Material. Pada tahun 1994 menyusul dibuka Program Studi Arsitektur. Tahun 1995 dibuka Program Studi Teknik Kimia, dan pada tahun 2002 menyusul dibuka Program Studi Teknik Industri.
Program Pendidikan Sarjana Ekstensi FTUI ini memiliki berbagai keunggulan, antara lain:
• Menjadi sarana bagi para lulusan D3 untuk memperoleh jenjang kesarjanaan yang lebih tinggi.
• Adanya kelas sore hari yang memberikan kemudahna bagi mereka yang sudah bekerja untuk leluasa meneruskan kuliah dan mendapatkan gelar S1.
• Adanya kelas Jumat dan Sabtu yang juga mempermudah mahasiswa yang sudah bekerja.
• Hanya perlu menyelesaikan minimal 64 SKS sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dengan begitu mahasiswa bisa menyelesaikan studinya hanya dalam waktu minimal 5 (lima) semester.
• Mahasiswa Program Sarjana Ekstensi FTUI berhak atas seluruh fasilitas yang disediakan fakultas dan UI.
SYARAT:
1. Lulusan Sarjana Muda atau Diploma dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta Program Studi Ilmu Teknik terkait yang terakreditasi minimal C.
2. Khusus Program Studi Teknik Kimia dapat menerima calon dari Teknik Kimia, MIPA (Kimia - Fisika), Teknik Perminyakan, Akamigas, Akademi Kimia Analisis (AKA), dan Akademi Tekstik.
3. Waktu perkuliahan sore - malam sehingga sangat sesuai untuk mahasiswa yang bekerja. (Teknik Industri Kelas Salemba Jumat - Sabtu)
Departemen Teknik Sipil
Program Studi Teknik Sipil memperoleh peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pekerjaan yang memerlukan keahlian teknik sipil bervariasi seperti: pembangunan jembatan, bangunan dan struktur, pembangkit tenaga listrik, pelabuhan dan saluran pelayaran, jaringan perpipaan, jalan raya, bandar udara, sistem transportasi, bendungan, drainasi, sistem pengolahan limbah padat dan cair, serta masih banyak lagi. Rentang disiplin Program Studi Teknik Sipil dikelompokkan menjadi lima peminatan yaitu: Struktur, Manajemen Sumberdaya Air dan Tenik Lingkungan, Transportasi, Manajemen Konstruksi, dan Geoteknik.
Departemen Teknik Sipil juga dilengkapi 7 laboratorium yaitu: Laboratorium Material dan Struktur, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Hidrolika, Hidrologi, dan Sungai, Laboratorium Transportasi, Laboratorium Pemetaan dan Survey, Laboratorium Teknik Penyehatan dan Lingkungan, dan Studio Gambar.
Mata Pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Sipil adalah:
• Mekanika Arsitektur
• Mekanika Tanah
• Konstruksi (Baja, Beton, Kayu)
• Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Departemen Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). PS Teknik Mesin menekankan pada bidang Perancangan, Konversi Energi, Proses Produksi dan Manufaktur serta pengetahuan dasar operasional dan manajerial pengelolaan industri. Lulusan Teknik Mesin yang sampai tahun 2003 telah berjumlah 1900 orang, telah berkarya di berbagai bidang antara lain: industri otomotif, minyak bumi dan gas, mesin-mesin berat, institusi pendidikan, institusi penelitian, dan industri lainnya.
Departemen Teknik Mesin juga dilengkapi 7 laboratorium yaitu: Laboratorium Mekanika Fluida, Laboratorium Perpindahan Kalori, Laboratorium Teknik Pendingin dan Tata Udara, Laboratorium Thermodinamika, Laboratorium Teknologi Mekanika, Laboratorium Desain Mekanika, dan Laboratorium Perancangan Kapal.
Mata Pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Mesin adalah:
• Statistika Struktur
• Thermodinamika
• Elemen Mesin
• Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Departemen Teknik Elektro
Program Studi Teknik Elektro telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Acuan kurikulum Sarjana Teknik Elektro adalah Kurikulum Program Pendidikan Sarjana Teknik di Indonesia yang direkomendasikan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan mengacu pada ABET (Accreditation Board for Enginerring and Technology). Lulusan Teknik Elektro diserap oleh berbagai sektor usaha, antara lain: industri telekomunikasi dan teknologi informasi, elektronika, ketenagalistrikan, dan berbagai industri lainnya, dalam waktu rata-rata 1 (satu) bulan setelah lulus.
Departemen Teknik Elektro juga dilengkapi dengan 9 laboratorium yaitu: Laboratorium Pengukuran Listrik dan Tegangan Tinggi, Laboratorium Konversi Energi Listrik, Laboratorium Sistem Tenaga Listrik, Laboratorium Elektronika, Laboratorium Kendali, Laboratorium Digital, Laboratorium Telekomunikasi, Laboratorium Jaringan Komputer, dan Laboratorium Opto Elektronika.
Mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Elektro adalah:
1. Rangkaian Listrik
2. Rangkaian Elektronika
3. Teori Medan Elektromagnet
4. Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Departemen Teknik Metalurgi dan Material
Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI telah mendapatkan akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program studi ini memiliki dua peminatan yaitu peminatan logam dan polimer. Sedangkan untuk mata ajaran pilihan, beberapa pengajaran material non logam pun ditawarkan pada mahasiswa. Hal ini untuk mengimbangi perkembangan material non logam seperti keramik, komposit, advanced material, dan nanoteknologi. Pengembangan ini dituangkan dalam kurikulum yang mengacu pada ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology). Sampai saat ini lulusan Departemen Teknik Metalurgi dan Material telah mencapai lebih dari 1500 lulusan yang tersebar di berbagai sektor seperti industri otomotif, industri logam, industri minyak, serta di sektor pemerintahan seperti Departmen Perindustrian dan Pertambangan, BPPT, BATAN, IPTN, dan LIPI.
Departemen Teknik Metalurgi dan Material juga dilengkapi dengan 6 laboratorium yaitu: Laboratorium Metalurgi Kimia, Laboratorium Metalurgi Fisika, Laboratorium Metalurgi Mekanika, Laboratorium Mekanika Proses, Laboratorium Metalurgi Korosi dan Perlindungan Logam, serta Laboratorium Metalografi, Perlakuan Panas, dan Permukaan.
Mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Metalurgi dan Material adalah:
1. Pengantar Ilmu Material
2. Fisika
3. Kimia
4. Wawancara
5. Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Departemen Teknik Kimia
Departemen Teknik Kimia FTUI telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan pendidikan Departemen Teknik Kimia adalah menghasilkan sarjana yang mampu menerapkan ilmu dasar teknik kimia untuk bekerja dan berkarya dalam bidang teknologi proses kimia. Lulusan Departemen Teknik Kimia dibekali dengan ilmu-ilmu dasar dan terapan teknik kimia sehingga mereka dapat terus mengembangkan diri untuk mendapatkan peningkatan wawasan dan pengetahuan yang luas. Dengan demikian mereka dapat mengembangkan sumber daya alam baik fosil (minyak bumi, gas bumi, dan batubara) maupun non-fosil, menjadi komoditi yang bernilai tambah tinggi.
Departemen Teknik Kimia dilengkapi dengan 5 laboratorium yaitu: Laboratorium Rekayasa Reaksi Kimia, Laboratorium Sistem Proses Kimia, Laboratorium Separasi, Laboratorium Energi Berkelanjutan, dan Laboratorium Bioproses.
Mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Kimia adalah:
• Kimia Umum
• Termodinamika
• Wawancara
• Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Departemen Teknik Industri
Departemen Teknik Industri FTUI telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan pendidikan Departemen Teknik Industri adalah menghasilkan ahli rekayasa industri (industrial engineering) yang memiliki kemampuan pada bidang proses produksi, produktivitas, dan efisiensi. Lulusan Departemen Teknik Industri telah tersebar di berbagai industri jasa dan manufaktur, pemerintah maupun swasta. Industri jasa mencakup lembaga keuangan, jasa konsultasi, jasa teknologi informasi, pelayanan masyarakat, dan lainnya. Sedangkan industri manufaktur mencakup bidang manajemen produksi, sumber daya manusia, pemeliharaan, logistik, inventori, dan lainnya.
Departemen Teknik Industri dilengkapi dengan 4 laboratorium yaitu: Laboratorium Teknik dan Manajemen Industri, Laboratorium Faktor Manusia, Laboratorium Manajemen Sistem Informasi dan Pendukung Keputusan, serta Laboratorium Rekayasa, Pemodelan, dan Simulasi Sistem.
Mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian masuk Program Sarjana Ekstensi Teknik Industri adalah:
• Matematika
• Manajemen
• Wawancara
• Tes Potensi Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika)
Biaya Pendidikan
Program Studi BOP/sms DP DPP DKFM/sms
EKSTENSI KELAS DEPOK
Teknik Sipil
Teknik Mesin
Teknik Elektro
Teknik Metalurgi dan Material
Teknik Kimia 4.500.000 6.000.000 600.000 100.000
EKSTENSI KELAS DEPOK
Teknik Industri 3.800.000 5.000.000 600.000 100.000
EKSTENSI KELAS SALEMBA
Teknik Industri 5.500.000 5.000.000 600

Biaya Pendidikan
Keterangan:
BOP = Biaya Operasional Pendidikan, dibayarkan setiap semester
DKFM = Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa, dibayarkan setiap semester
DP = Dana Pengembangan, dibayarkan ketika masuk
DPP = Dana Pelengkap Pendidikan, dibayarkan ketika masuk
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Fisika 3,650,000 100,000 3,000,000 600,000
Kimia 4,500,000 100,000 3,000,000 600,000
Farmasi 5,500,000 100,000 3,000,000 600,000



Fakultas Teknik
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Teknik Sipil 4,500,000 100,000 6,000,000 600,000
Teknik Mesin 4,500,000 100,000 6,000,000 600,000
Teknik Elektro 4,500,000 100,000 6,000,000 600,000
Teknik Metalurgi 4,500,000 100,000 6,000,000 600,000
Teknik Kimia 4,500,000 100,000 6,000,000 600,000
Teknik Industri Depok 3,800,000 100,000 5,000,000 600,000
Teknik Industri Salemba 5,500,000 100,000 5,000,000 600,000

Fakultas Hukum
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Ilmu Hukum 4,000,000 100,000 2,000,000 600,000
Fakultas Ekonomi
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Manajemen
- Manajemen Kelas Depok 4,500,000 100,000 4,000,000 600,000
- Manajemen Kelas Salemba 5,000,000 100,000 4,000,000 600,000
Akuntansi
- Akuntansi Kelas Depok 5,000,000 100,000 4,000,000 600,000
- Akuntansi Kelas Salemba 5,500,000 100,000 4,000,000 600,000
Fakultas Psikologi
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Psikologi 5,500,000 100,000 3,500,000 600,000



Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Ilmu Komunikasi
- Ilmu Komunikasi Masa 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
- Hubungan Masyarakat 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
- Periklanan 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
Ilmu Politik
- Politik Indonesia 4,250,000 100,000 2,500,000 600,000
- Perbandingan Politik 4,250,000 100,000 2,500,000 600,000
Ilmu Administrasi
- Ilmu Administrasi Negara 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
- Ilmu Administrasi Niaga 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
- Ilmu Administrasi Fiskal 4,750,000 100,000 2,500,000 600,000
Kriminologi 4,250,000 100,000 2,500,000 600,000
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Ilmu Kesehatan Masyarakat Kelas Pagi 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Ilmu Kesehatan Masyarakat Kelas Sore 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Manajemen Rumah Sakit 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Asuransi Kesehatan 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Gizi Kesehatan Masyarakat 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Kesehatan Reproduksi 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000
Fakultas Ilmu Komputer
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Sistem Informasi 6,000,000 100,000 6,000,000 600,000
Fakultas Ilmu Keperawatan
Program Studi BOP (Rp.) DKFM (Rp.) DP (Rp.) DPP (Rp.)
Ilmu Keperawatan Pagi-Sore 5,000,000 100,000 3,000,000 600,000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar