03 Mei 2010

Rahasia Sodakoh

Nabi Muhammad SAW sangat gemar bershodaqoh sampai seluruh penghasilannya total dipergunakan untuk shodaqoh begitu pula dengan sahabat Abu Bakar, sahabat Umar, sahabat Usman, sahabat Ali, sahabat Abdur rahman Bin Auf dan seterusnya, mereka merelakan hampir semua kekayaannya untuk bershodaqoh. Ada rahasia apa dibalik shodaqoh dan mengapa mereka semua sangat mengutamakan shodaqoh?

Keajaiban Dan Keutamaan Shodaqoh
Banyak hadist yang mengatakan :"Shodaqoh itu ajaib, shodaqoh itu ajaib" mengapa dikatakan ajaib? karena hal luar biasa yang bisa dicapai dengan shodaqoh, sebagimana di informasikan oleh Al Qur-an maupun hadist Nabi , diantaranya :
1. Shodaqoh bisa mendatangkan keberuntungan dan kemudahan di dunia maupun di akhirat (Qs. At Taghobun : 16 dan Al Lail : 5-6)
2. Shodaqoh sama hal nya memberikan pinjaman kepada Allah dan pasti Allah akan mengembalikannya dengan berlipat ganda (Qs. Albaqoroh : 245, 261, al hadid : 18, At taghobun : 17)
3. Shodaqoh bisa menjadi penghalang atau hijab dari neraka, dari Abu Sa'id Al-Khudri R.A, dia berkata :"Rasululloh SAW keluar ke tanah lapang pada hari Raya Qurban atau Fitri, kemudian selesai melaksanakan sholat beliau berkhutbah " Wahai sekalian manusia bershodaqohlah kalian" lalu beliau melewati kaum wanita seraya bersabda "Wahai kaum wanita bershodaqohlah kalian karena saya melihat kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalian"
4. Dengan shodaqoh bisa menjadi sarana untuk membersihkan harta dan menyucikan hati. Allah SWT berfirman "Ambillah shodaqoh (zakat) dari sebagian harta mereka, dengan shodaqoh (zakat) itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdo'alah untuk mereka. Sesungguhnya do'a kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
5. Dido'akan oleh Malaikat. Dari Abu Huraoiroh R.A, beliau mengatakan, bahwa Nabi SAW bersabda "Tiada satu hari yang dilewati oleh hamba-hamba Alloh kecuali ada dua Malaikat yang turun, salah satunya berdo'a "Ya Allah berikanlah ganti kepada seorang yang dermawan" dan yang satunya lagi berdo'a, "Ya Allah berikanlah kehancuran kepada orang yang kikir." (muttafaqun 'Alaihi)
6. Tidak akan berkurang harta yang dishodaqohkan,malahan Allah akan menyuburkannya (melipat gandakannya) Qs. Al baqoroh : 276. Bersabda Rasululloh SAW "Shodaqoh tiada akan mengurangi harta" (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Kuzaimah)
7. Shodaqoh walau sekecil apapun, nilainya tetap besarbagi Allah. Dari Asma' R.A, : saya berkata kepada Rasululloh SAW "Ya Rasululloh saya tidak memiliki harta kecuali apa yang diberikan suamiku Zubairkepadaku, "Bershodaqohlah dan janganlah engkau terlalu memperhatikannya (memperhatikan kuantitanya), sebab Allah tetap memberikan perhatian-Nya kepadamu." (HR. Al-Bukhori dan Ibnu Hibban).
8. Shodaqoh bisa menghindarkan kita dari musibah. Dari Ali R.A, Rasululloh SAW bersabda “Segeralah shodaqoh, sesungguhnya musibah tidak akan dapat melintasi shodaqoh.: (Razin, Misykat)
9. Shodaqoh bisa menjadi naungan pada hari kiamat. Yazid Bin Habib menceritakan bahwa Abu Khoir bercerita bahwa sesungguhnya dia pernah mendengar Uqbah Bin Amir R.A berkata, saya mendengar Rasululloh SAW bersabda “ setiap orang akan berada di bawah naungan shodaqohnya (pada hari Kiamat), sehingga diputuskan perkara terhadap manusia atau ditegakkan hukum diantara manusia,”
10. Shodaqoh dapat menolak kemtian yang buruk. Sabda Rasululloh SAW “Shodaqoh itu dapat menolak kematian yang buruk.” (Al-Wasail 6:255, hadits ke 2)
11. Shodaqoh termasuk berjihad dengan harta dan pelakunya akan mendapatkan dereajat yang tinggi disisi Allah Swt dan termasuk orang-orang yang menang. Qs. At Taubat:20
12. Shodaqoh merupakan karakter orang-orang yang bertaqwa dan orang yang Ihsan (Muhsin), Qs. Ali Imron : 133-134
13. Shodaqoh merupakan ciri khas orang yang beriman, dan akan mendapatkan ampunan. Qs. Al Anfal : 2-4
14. Shodaqoh dapat meredam murka Allah ssekaligus menghantarkan seseorang untuk memperoleh Husnul Khotimah. (hadist dari Anas Bin Malik R.A diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)
Dan masih banyak lagi ayat-ayat Al Qur’an dan hadits yang menjelaskan keajaiban shodaqoh.

Shodaqoh Yang Paling Utama
Mengenai kondisi orang yang mengeluarkan shodaqoh, yang paling utama adalah :
1. Shodaqoh dalam kondisi sehat. Sebagaimana diterangkan dalam hadits Nabi SAW :”Shodaqoh yang paling utama adalah engkau bershodaqoh dalam keadaan sehat dan bugar, ketika engkau menginginkan kekayaan melimpah dan takut fakir. Maka jangan kau tunda sehingga ketika ruhsampai tenggorokan baru kau katakan,”Untuk fulan sekian, untuk fulan sekian.”(HR. Al-Bukhori dan Muslim)
2. Shodaqoh dengan kemampuan maksimal, berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW : “Shodaqoh yang paling utama adalah (infak) maksimal orang yang tak punya. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu.” (HR.Abu Dawud)
3. Tidak menyebut-nyebut atau menyakiti perasaan si penerima, sebagaimana diterangkan dalm Al-Qur’an surat Al Baqoroh ayat 264, “ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’kepada manusia dan Dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadikan Dia bersih (tidak bertanah), mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar